LMFAO - Party Rock Anthem


Get Free Music at www.divine-music.info


Senin, 19 Desember 2011

Test Drive Subaru XV Cross Over, Mesin Boxer Pesaing Honda CR-V

Test Drive Subaru XV Cross Over, Mesin Boxer Pesaing Honda CR-V

 
JAKARTA - Hingga menginjakkan kaki di bandara Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand, OTOMOTIF masih sedikit bertanya-tanya dalam hati, seperti apakah cross over yang akan muncul pertama kali untuk pasar Asia di Thailand Motor Expo lalu. Ini merupakan kunjungan bersama PT Motor Image Indonesia, distributor Subaru di Tanah Air (7-9/12). Tentunya sekaligus menyaksikan peluncuran dan first drive Subaru XV.

TRANSMISI BARU
Cukup unik memang, kunjungan kali ini. Umumnya uji coba mobil dilakukan sesudah peluncuran perdana, kali ini malah sebaliknya. Uji coba dilakukan pada area showroom  Subaru di Bangkok yang memang memiliki fasilitas proving ground sebagai salah satu area di dalamnya.

Setelah beberapa acara penyambutan, lantas muncullah cross over terbaru dari Subaru itu. Subaru XV memiliki tubuh kompak, tak jauh berbeda dengan Subaru Impreza STI hatchback, hanya memiliki bodi lebih jangkung.

Mesinnya menggunakan horizontally opposited alias Boxer 4 silinder. "Ini merupakan mesin baru yang disandingkan dengan transmisi baru," ujar Glenn Tan, Group Chief Executive Motor Image Enterprises Ptd. Ltd. Kedua hal baru ini tentunya ditujukan untuk memberikan performa yang baik dengan konsumsi bahan bakar yang efisien.

 Lingkar setir dengan tombol pengatur audio dan cruise control(kiri atas). Mesin Boxer terkini dengan konsumsi lebih irit(kiri bawah). Kaki-kaki tak jauh berbeda dengan Subaru Impreza STI(kanan).
Meski begitu, Glenn belum menyebutkan angka pasti berapa konsumsi bahan bakar rata-rata mobil ini. Sebab, saat ini masih dalam tahap produksi di Malaysia, yang merupakan pabrik perakitan untuk Subaru XV yang dipasarkan di Thailand, Malaysia dan Indonesia. Sementara untuk pasar Kamboja, Cina, Hongkong, Singapura, Taiwan, Vietnam dan Filipina diimpor langsung dari Jepang.

Meski untuk urusan harga jual, ada ‘bocoran' kisaran Rp 300 juta sebagai harga jual di Indonesia. Kemungkinan akan hadir bulan September 2012. "Subaru XV akan muncul di Indonesia pada IIMS 2012," jelas Glenn. Sementara buat pasar Thailand pada Juli 2012.

Bagaimanakah performa cross over ini? Meski belum bisa merasakan performanya secara maksimal, OTOMOTIF sempat menjajal kemampuannya dalam hal akselerasi maupun manuver dengan melakukan slalom.

Akselerasinya tergolong cukup serta terasa halus dengan transmisi CVT-nya. Seperti diketahui, transmisi CVT sudah diaplikasi pada beberapa produk seperti Subaru Exiga, Outback dan bebebara lainnya. Namun, untuk XV sudah dikembangkan lagi agar bisa bekerja sama dengan mesinnya untuk menekan konsumsi bahan bakar agar lebih irit.

 Efek body roll minim
Sementara untuk bermanuver, ketika melakukan zig-zag dengan 4 orang di dalamnya ayunan atau body roll tak terlalu berlebihan. Tentu ini memang jadi unggulan dari tunggangan yang menggunakan mesin Boxer berpenggerak AWD, titik pusat gravitasi yang rendah membantu mengurangi efek body roll.

Sementara dari sisi interior dimensinya yang cukup lapang untuk 5 orang dewasa, dengan beberapa peranti yang cukup memanjakan penggunanya, seperti sunroof, cruise control serta tombol audio di setir.

Meski tampilannya tergolong sederhana dan tidak terlalu istimewa, tapi untuk yang ingin memiliki mobil yang ‘di luar rata-rata' Subaru XV memberikan pilihan cukup baik. 

0 komentar:

Posting Komentar