LMFAO - Party Rock Anthem


Get Free Music at www.divine-music.info


Senin, 19 Desember 2011

Mengintip Industri Komponen Otomotif Cina

Mengintip Industri Komponen Otomotif Cina

 
JAKARTA - Pernah bayangkan, berapa jumlah komponen dalam pembuatan satu mobil? Mungkin ribuan, mungkin juga ratusan ribu. Lantas, berapa banyak pula parts untuk memproduksi 18 juta unit mobil dengan populasi sekitar 100 jutaan unit? Wow...

Yap itulah yang terjadi di negeri Cina. Dengan populasi kendaraan sebanyak itu pantas saja kalau industri komponennya sangat berkembang pesat. “Sekarang ada lebih dari 5.000 perusahaan otoparts di Cina,” jelas Wang dari CNAICO (China National Automotive Industry International Corp.).

Menurutnya, total ekspor komponen Cina sebesar 38 miliar dollar AS. Sedangkan impornya mencapai 23,5 miliar dollar AS. Tak salah makanya jika ‘nyempung’ ke dalam industri komponen Cina, Anda pun dijamin akan terheran-heran.

Seperti OTOMOTIF saat bertandang ke pameran komponen, aksesoris, peralatan perbengkelan dan jasa servis, Automechanika Shanghai, di Cina (7-9/12), bukan mustahil negeri Tirai Bambu ini bakal menguasai industri otomotif dunia, mengalahkan Amerika dan Eropa.

 Turbo from Cina ini diklaim menyerupai turbo-turbo dari Eropa atau Amrik. Sttt.. gak cuma satu lo pembuat turbo. Ada lebih dari 5 merek yang ikut pameran!(kiri atas). Wiper blade hybrid sedang hype, hampir pembuat wiper gencar mempromosikan (kanan atas). Labelan Xiaoyang, spesialis pembuat aksesoris khusus mobil Volkswagen. Headlamp custom (kanan bawah) VW Golf mk. VI dihargai 100 dollar AS per pieces(kiri bawah). Tire changer merek Bright buatan Cina ini dipromosikan bisa dilakukan oleh wanita. Sebab mulai buka ban sampai mengangkat pelek dilakukan secara otomatis(kanan bawah).
Makanya, tak salah pula, negara-negara lain di luar Cina ingin mengintip industri komponen otomotif di Cina. Seperti pada pameran ke-7 yang dihelat oleh Messe Frankfurt (Shanghai) Co. Ltd. dan CNAICO ini.

“Di sini pameran paling besar di Asia karena diikuti 3.600 eksibitor dari 36 negara. Dengan 13 hall di luas lahan 160.000 m2,” papar Michael Johannes, vice president Messe Frankfurt Exhibition GmbH.

Yang tak kalah penting, di gelaran ini pula dihadiri buyer (pembeli) dari seluruh dunia. Mulai Australia, India, Iran, Malaysia, Timur Tengah, Pakistan, Peru, Eropa, Amerika hingga Indonesia. “Kami targetkan dikunjungi lebih dari 60.000 pengunjung,” imbuh Michael.

Nah, penasaran pengin tahu seperti apa komponen Cina dan negara lain? Silakan simak intipan OTOMOTIF langsung dari Automechanika Shanghai.

0 komentar:

Posting Komentar