Nissan Elgrand 3.5 Highway Star
King Of MPV
Padahal mengemudikan Elgrand itu sangat menyenangkan. Walau punya panjang nyaris 5 m dan lebar 1,8 m, tidak terasa menyetir MPV berdimensi besar. Lebih mirip membawa Big Sedan sekelas Nissan Teana, Honda Accord atau Toyota Camry.
Demikian pula dengan posisi mengemudinya. Aura sedan sangat terasa dan akomodatif untuk driver. Posisi setir bisa diatur sedang joknya bisa disetel secara elektris dan dibekali fasilitas memori.
Walau nyaman digenggam, setir Elgrand terasa berat saat diputar. Setirnya masih konvensional, belum multifungsi alias tidak ada kontrol atas sistem audio atau multi information display (MID).
Pasalnya, posisi head unit terintegrasi dengan layar sentuh punya Elgrand cukup jauh dari jangkauan tangan driver. Sehingga untuk mengatur fitur head unit pengemudi perlu meluruskan tangan dan sedikit memajukan bagian atas tubuh.
KUALITAS BERKENDARA
Elgrand punya kualitas bantingan suspensi kelas wahid khas Nissan. Sangat empuk dan mampu meredam guncangan dengan sangat baik. Sebuah nilai jual utama yang mesti dimiliki mobil segmen premium di Indonesia.
Walau begitu, stabilitas mobil tidak sedikit pun dikorbankan. Saat diajak pindah jalur dengan cepat di kecepatan 80 km/jam tidak muncul gejala limbung. Mobil tetap stabil dan dalam kontrol pengemudi.
Hal sama juga terjadi saat mobil melahap tikungan cepat. Ini berkat kontrol traksi berikut stabilitas yang menjadi inti sistem keamanan aktif Elgrand.
Performa mesin VQ35DE yang dipasang di Elgrand tidak mengecewakan. Tenaga maksimum 280 dk dan torsi 305 Nm dimuntahkan oleh mesin 6 silinder konfigurasi V bervolume 3.498 cc. Dapur pacu ini dikombinasikan transmisi CVT Xtronic yang dilengkap dengan mode perpindahan manual.
Respons Elgrand sangat baik untuk Big MPV. Untuk akselerasi 0-100 km/jam diraih dalam waktu 8,47 detik saja. Konsekuensinya cukup doyan mengkonsumsi Shell Super Extra. Untuk rute dalam kota pencapaian terbaiknya 6,3 km/l sedang tol 9,4 km/l.
KENIKMATAN DI BARIS KEDUA
Pada penghujung hari, kenikmatan mengendarai Elgrand tetap ada di baris kedua. Sepasang jok captain seat empuk berbalut kulit begitu nyaman bagi raga yang lelah. Teknologi seat-cushion-integrated leg rest, articulated seatback dan three-layered cushion pads membantu tuan besar menemukan posisi duduk yang paling nyaman.
Elgrand pun memiliki ruang kepala yang luas. Bahkan ketika penumpang berpostur 185 duduk tegak masih ada jarak cukup jauh dengan atap. Suasana makin terasa luas ketika penutup sunroof belakang dibuka penuh.
Akses masuk ke ke dalam kabin pun sangat mudah, baik untuk kabin depan maupun belakang. Pintu geser bisa dibuka dan ditutup hanya dengan menyentuh tombol di hendel pintu. Ruang masuk untuk penumpang yang ingin duduk di baris ketiga cukup besar dan mudah dibuat.
Konsekuensi ruang penumpang besar adalah ruang bagasi yang terbatas. Untungnya, untuk memperbesar volume bagasi, jok baris ketiga bisa dilipat secara elektris dengan menekan satu tombol saja. Buat mengembalikan ke posisi semula juga dilakukan dengan cara menekan lagi tombol tersebut.
Nissan Elgrand 3.5 Highway Star | |
Harga on-the-road | Rp 860 juta |
Mesin/kapasitas | 3.498 cc V6 CVTC |
Tenaga maksimum | 280 dk/ 6.400 rpm |
Torsi maksimum | 305 Nm/4.400 rpm |
Transmisi | Xtronic CVT M6/FWD |
Panjang/wheelbase | 4.915/3.000 mm |
Lebar/tingg | 1.850/1.805 mm |
Kapasitas tangki/ban serep | 73 liter/full size |
Bobot | 2.000 kg |
0-100 km/jam | 8,47 detik |
0-60 km/jam | 4,50 detik |
60-80 km/jam* | 1,75 detik |
80-100 km/jam* | 2,14 detik |
100-120 km/jam* | 2,74 detik |
Pengereman (100-0 km/jam) | 43,8 m |
Konsumsi bbm tol/dalam kota | 9,4/6,3 km/l |
Catatan * = kickdown | |
Airbag/ABS/EBD/TC/VDC | 8/ada/ada/ada/ada |
AC climate control/dualzone/pelek | ada/ada/alloy 18 inci |
Setir multifungsi/cruise control | ada/tidak |
Head unit/DVD/CD/Aux-in/USB/iPod | ada/ada/ada/ada/ada/ada |
Auto headlamp/HID/foglamp | ada/ada/ada |
Spion/pelipat elektrik/kamera parkir | ada/ada/ada |
On-board computer/smart key | ada/ada |
Setir adjustable reach/rake | ada/tidak |
Jok elektrik/heater | ada/ada |
Auto door-lock/sunroof | ada/2 |
Jok kulit dengan penyetelan lengkap dan ruang kaki lapang |
Pelek alloy 18 inci dengan ban yokohama dB yang sangat hening |
Kontrol AC dual zone dan tuas transmisi dengan model manual | Mesin VQ35DE bertenaga dan responsif |
RIVAL |
Toyota Alphard 3.5 V |
Mesin: 3.456 cc V6, 275 dk Torsi maksimal: 347 Nm/4.700 rpm 0-100 km/jam: 8,44 detik Konsumsi bbm tol/kombinasi: 12,6/7,2 km/l Harga: Rp 1,034 miliar (+) Mesin responsif, pilihan mesin,fitur melimpah (-) Harga, transmisi belum CVT |
FIRST OPINION Wajah ganteng dengan segudang fitur merupakan keunggulan Big MPV ini. Nissan Elgrand mendapat nilai lebih pada hadirnya momen mengemudikannya yang menyenangkan. Price positioning-nya menarik dengan Rp 860 juta on-the road itu sangat kompetitif di depan rival-rivalnya. SEKILAS PANDANG
|
0 komentar:
Posting Komentar