LMFAO - Party Rock Anthem


Get Free Music at www.divine-music.info


Sabtu, 29 Oktober 2011

Jangan Tunggu Rem Blong Untuk Ganti Minyak Rem!

Oto Tips Mobil

Jangan Tunggu Rem Blong Untuk Ganti Minyak Rem!

OTOMOTIFNET - Semakin canggih sistem rem saat ini, tentu butuh minyak rem yang sanggup beradaptasi dengan rentang suhu tinggi. Maksudnya, jangan sampai kerja rem yang berat dan menimbulkan suhu tinggi di cakram terganggu gara-gara minyak yang digunakan tak sesuai spesifikasi.

Mau tahu kerjanya, tentu harus kenalan dulu dong dengan materialnya. Bahan dasar minyak rem ialah polyglycol ether, atau biasa disingkat glycol. Material ini dipercaya karena minyak rem akan bekerja di suhu panas tinggi, namun harus tetap dapat dikompresi dengan baik untuk menekan piston rem. Terpenting juga, jangan sampai merusak sil karet pada piston rem dan juga slang-slang rem. "

Karena efeknya bahan dasar ini ialah sifatnya yang mengikat air," jelas Peter Dionisius, product development PT. Autochem Industry selaku pemegang merek minyak rem Prestone. 

Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Sifat mengikat air itu membuat perawatan minyak rem sangat penting diperhatikan. "Usahakan tiap 20 ribu km atau paling lama 1 tahun sekali ganti, atau kuras minyak rem (Gbr.1)," wanti Taqwa SS, pemilik bengkel Garden Speed di bilangan Cilandak, Jaksel.

Jangan hanya berpatokan pada warna saja. Walau di tabung minyak masih terlihat jernih, bisa jadi jeroannya sudah kotor, termasuk minyak rem pada sistem kopling manual (Gbr.2). "Umumnya kotoran mengendap di bagian bawah slang rem atau yang dekat piston," lanjut Dion, panggilan akrab Dionisius.

Mempermudah perawatan sebenarnya mudah kok. Kalau lupa kelipatan kilometer atau mungkin indikator dasbor mati. Biasakan saja kuras minyak rem tiap kali mengganti kampas rem. Kalau sampai ketinggalan juga, parah-parahnya bakal bikin piston dan jalur minyak rem berkarat (Gbr.3). Apesnya kalau sampai rem blong.

Pertimbangan ketika membeli yakni spesifikasi DOT-nya. Rating masa kini jamaknya berada di angka DOT 3 dan DOT 4. Untuk yang bawaannya sudah memakai minyak rem DOT 3, jangan langsung asal ganti dengan minyak rem DOT 4 (Gbr.4). Walau spesifikasiya lebih tinggi, tapi belum tentu cocok dengan sistem rem masing-masing kendaraan.

"Yang kalah nanti di bagian slang dan karet-karet rem," urai pria 38 tahun yang tinggal di daerah Tangerang ini.

Sebaliknya untuk yang bawaannya sudah DOT 4. Walau untuk keadaan darurat masih bisa memakai minyak rem DOT 3, tapi ingat kalau kinerjanya tak akan maksimal saat dipakai bekerja ekstrem.
"Setelah itu harus secepatnya diganti," tutup Taqwa kali ini.

Kebiasaan Buruk Bikin Tombol Unlock Handbrake Avanza Mudah Pecah!

Tips Rem Toyota Avanza

Kebiasaan Buruk Bikin Tombol Unlock Handbrake Avanza Mudah Pecah!

Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum, kalau Toyota Avanza memiliki kelemahan pada seputar handel rem tangan. Tombol untuk unlock rem tangan kerap kali kedapatan pecah atau retak. “Padahal tangan saya enggak  sekuat atlet binaraga,” tutur Irwan yang menunggang Avanza G 2007.

Ini lantaran material plastik tombol mendapat beban cukup tinggi saat handbrake diaktifkan (diangkat). Namun tak usah kuatir bila tombol handbrake pada besutan kesayangan kedapatan pecah.

“Tak perlu sampai membeli handbrake cover kit versi genuine parts berharga ratusan ribu karena sudah ada versi pahenya,” terang Rudi Hansen dari bengkel OSS (Otomotif Service Station).

Sebelumnya, tombol yang pecah harus dibuatkan versi logam seperti aluminium atau babet karena tak tersedia di sentra onderdil. “Ongkosnya mencapai Rp 50 ribu tetapi dijamin awet seumur hidup,” jelas Rudi yang pernah mempraktekkannya.

Bentuknya menyerupai silinder yang diberi jalur drat (ulir) untuk dipasangkan kembali ke tuas unlock. Kini cukup dengan membeli tombol spare seharga Rp 40 ribu di toko langganan, handbrake kembali berfungsi normal (Gbr.1).

Cara pemasangannya juga sangat mudah. Tinggal melepas tombol dengan memutar berlawanan arah jarum jam alias counter clock wise (CCW) (Gbr.2). Setelah terlepas akan terlihat tuas unlock yang dilengkapi drat atau ulir (Gbr.3).

Pasangkan kembali tombol yang masih gres sama seperti saat mencopot. Lakukan dengan hati-hati untuk memastikan ulir tuas dan tombol benar-benar klop (Gbr.4). “Untuk menghindari ulir dol atau selek,” papar Rudi.

Sekadar tips agar tombol handbrake tak cepat retak, adalah membiasakan diri menekan tombol handbrake saat ingin mengaktifkan rem tangan (Gbr.5).

Proses yang sama dengan saat melepas rem tangan. Dengan cara ini, tombol handbrake bisa bertahan lebih lama karena tuas unlock tidak ‘bermain’ menghajar tombol plastik secara terus menerus.

Aditif Power Steering, Bikin Setir Tetap Enteng Tanpa Takut Bocor

Tips Power Steering Mobil

Aditif Power Steering, Bikin Setir Tetap Enteng Tanpa Takut Bocor


Penambahan PSC diimbangi pengurangan oli dalam volume yang sama
Jakarta - Saat ini, mobil pada umumnya menggunakan power steering model hidrolis. Dimana piston berperan memutar roda dengan bantuan pelumasan dan tekanan hydraulic fluid.

Rangkaian komponen yang menggerakkan mekanisme kerja power steering jenis hidrolis berpotensi mengalami kebocoran oli.

“Penyebab bocor biasanya karena sil aus di dalam steering rack atau di pompanya,” jelas Joko Widodo, service advisor Plaza Toyota di JL. Pemuda, Jaktim.

Joko juga menambahkan bahwa oli bisa berkurang akibat menguap karena ada tekanan suhu tinggi walaupun sedikit sekali. Berlaku dalam kondisi normal tanpa kebocoran.

Joko juga menjelaskan jika sudah terjadi kebocoran, kemampuan hidrolis masih ada, tetapi kemampuan melumasinya sudah tidak bisa.

Deteksi awal adalah adanya bunyi berdesing saat mesin dihidupkan pertama kali dalam kondisi masih dingin. Selain itu kemudi juga terasa berat tidak rata jika diputar.

Seiring usia dari sil karet pada pompa maupun steering rack and pinion pada power steering akan termakan. Cirinya bisa menjadi keras atau getas. Sehingga dalam jangka waktu tertentu power steering fluid mulai rembes dan bocor. Bisa dideteksi dari bunyi yang timbul ketika kemudi setir digerakkan ke kiri atau ke kanan.
Kebocoran juga bisa dideteksi dari rembasan pada komponen power steering. Putaran setir berat atau kurang mulus bisa menandakan gangguan power steering
Di pasaran onderdil, mobil.otomotifnet.com menjumpai Power Steering Conditioner (PSC) berlabel Wealthy. Setelah dihubungi, prinsipalnya menjamin produk terbaru dapat berfungsi mencegah hal seperti ini serta dapat memperpanjang umur dari komponen power steering.

Klaimnya, mampu menjaga kondisi power steering tetap prima dengan meminimalkan efek bunyi dan berat pada komponen hidrolis. “Juga dapat memperpanjang umur karet sil agar lebih awet,” jelas Alfons, prinsipal Wealthy di Meruya, Jakbar.

PSC mengandung bahan yang berfungsi untuk merawat karet dan tahan terhadap tekanan temperatur tinggi. Cara pemakaiannya, cukup tuangkan PSC sebanyak 100 ml ke tabung oli power steering. Namun minyak power steering seperti ATF standar Dexron II/III yang sudah ada harus dikeluarkan dengan jumlah yang sama.

Pada saat yang bersamaan dianjurkuntuk sekalian membersihkan saringannya. Di pasaran, Wealthy PSC dijual di harga retail senilai Rp 85 ribu untuk satu kemasan botol sedang berisi 100 ml. 

Test Drive Pajero Sport Transmisi Manual, Si Bongsor yang Irit

Test Drive

Test Drive Pajero Sport Transmisi Manual, Si Bongsor yang Irit


Jakarta – Melihat sosoknya yang bongsor, sebagian orang tentu tak menyangka jika konsumsi BBM Pajero Sport GLS M/T nyaris setara dengan Toyota Avanza. Namun itulah yang dirasakan oleh OTOMOTIFNET.COM saat menguji SUV 7-seater ini.

Mengambil rute Kebon Jeruk (Jakarta) – Cimahi – Bandung, yang diselingi dengan city touring di tiga kota tersebut,  Pajero Sport GLS M/T terbukti irit dengan hanya menghabiskan ¾ BBM dari kapasitas penuh tangki sebanyak 70 liter solar.

Tak berlebihan, sebab saat pengujian data di panel konsumsi BBM Pajero Sport GLS M/T menunjukan angka rata-rata 9 km/liter di dalam kota, dan rentang 10-12 km/liter di jalan tol.

Padahal sebelumnya, tak ada ekspektasi mengenai konsumsi BBM yang irit dari mobil berbobot 1,9 ton tersebut. Terutama berkat suara mesin yang diselingi siulan turbo, terdengar gahar.

Tengok saja spek mesin 2.5 liter DOHC Commonrail Turbointercooled yang tertanam di balik kap nya. Mesin ini mampu menyembur tenaga 136 dk di 3500 rpm dan torsi 314 Nm pada 2000 rpm.

Alhasil tenaga serta torsi Pajero Sport GLS M/T terbukti galak. Cukup injak sedikit pedal gas, dan akselerasi langsung mengisi di putaran rendah hingga menengah. Bahkan ketika masuk posisi gigi dua saat macet, tenaga menyentak masih kerap ditemui meski pedal hanya diinjak sedikit.

Mengusung mesin yang sangar, kabin Pajero Sport GLS M/T terasa nyaman karena kawalan suspensi depan tipe Independent Wishbone dengan coil Spring berstabiliser. Serta suspensi belakang tipe 3 link coil spring dengan Stabilizer.

Selain membuat nyaman, pemakaian suspensi itu juga membuat pengendalian mobil berharga Rp 364 juta (OTR Jakarta) ini makin mantap, baik saat di jalan perkotaan yang padat, atau saat diajak ngebut di jalan tol.

Meski varian ini adalah versi termurah dari keluarga Pajero Sport, namun mobil berpenggerak dua roda ini tetap dapat diandalkan sebagai SUV keluarga yang mampu memberi rasa nyaman tanpa meninggalkan kesan jantan dan tangguh dari sebuah SUV.

Spesifikasi Mesin Pajero Sport:

Type                                    : DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled, 
Displacement (cc)                : 2,477 4 Cylinder In-line
Bore x Stroke (mm x mm)    : 91.1 x 95.0
Max. Output ( dk/rpm )       : 136/3500
Max Torque ( Nm/rpm )       : 314/2000
Fuel System                        : Commonrail (Low Pressure) Direct Injection
Fuel Type                            : Diesel
Fuel Tank Capacity (liter)    : 70 l

Deteksi Gejala Per Mobil Bermasalah

Tips Mobil

Deteksi Gejala Per Mobil Bermasalah

 
RANTAUPRAPAT- Tak seperti komponen kaki-kaki lainnya, per termasuk yang jarang bemasalah. Tapi bukan berarti lantas menyepelekan perangkat ini. Sebab, “Kalo rusak, gejalanya susah dideteksi,” ujar Midun, dari workshop SMK Pemda di kawasan R.prapati, Sumut. Kerusakan paling parah, ulir per keong dan per daun bisa patah.

Melihat faktor penyebabnya, ada beberapa kerusakan yang dikhawatirkan akan sering terjadi. Terutama di konstruksi per daun. Yang paling mudah dideteksi, dari terkikis atau pecahnya bushing atau bantal per. Hal ini ditandai dari bunyi-bunyian yang berderit, akibat bersentuhannya bilah-bilah per satu dan lainnya. Kalau ini dibiarkan akan membuat efek menggerus antar bilah dan membuat per daun patah. Karena itu segera ganti dengan yang baru.

Kurang lebih sama dengan per keong. Untuk model per satu ini, masalah malah ditimbulkan oleh aplikasi selang yang dililitkan ke spiral per, yang ditujukan mencegah bersentuhan langsung dengan dudukannya. “Harus sering-sering dibersihkan! Terutama sehabis hujan dan mencuci kolong. Jangan sampe air ngumpul di selang. Karena bakal buat besi per berkarat dan bisa cepet patah,”

Deteksi Gejala Bearing Bermasalah

Tips Mobil

Deteksi Gejala Bearing Bermasalah

 
JAKARTA - Bunyi yang ditimbulkan bearing jika sudah aus, relatif berbeda dengan komponen lain pada kaki-kaki. Jika yang lain menunjukkan gejala lewat suara keras yang mengganggu, maka untuk bearing akan terdengar mendengung. Atau pada kecepatan rendah akan terdengar seperti bunyi logam tergerus. Hanya, hati-hati membedakannya dengan bunyi ban. Sebab beberapa kembang ban pun bisa menimbulkan bunyi.

Tapi supaya lebih yakin, “Coba belokin roda pas mobil jalan. Perhatikan, kalau suara hilang waktu mobil dibelokkan ke kiri, berarti bearing roda kiri sudah jelek. Sedangkan yang kanan masih bagus. Begitu juga sebaliknya,” Erwan. Intinya, saat dibelokkan ke kiri, roda kanan dapat beban lebih dan beban roda kiri berkurang. Dan karena beban kiri berkurang, maka bunyi pada laher ini pun hilang.
Untuk mengeceknya, semua roda mesti didongkrak.

Lantas putar roda memakai tangan hingga agak kencang, dan dengar bunyi yang muncul saat roda berputar. Bearing yang rusak akan menimbulkan bunyi gemuruh saat roda berputar. Lakukan pengecekan di keempat roda.

Perawatan Mobil Musim Hujan, Perhatikan Bagian Kaki-Kaki

Tips Mobil

Perawatan Mobil Musim Hujan, Perhatikan Bagian Kaki-Kaki

 
JAKARTA - Masih melanjutkan perihal perawatan kendaraan saat musim hujan (hal 1). Sebenarnya, bagian kaki-kaki juga tidak luput dari imbas musim hujan. Apalagi posisinya yang ada di bawah mobil terbilang rentan terkena cipratan air tergenang atau lumpur.

“Sebaiknya sehabis melintasi air tergenang, langsung bilas seluruh sektor kaki pakai air bertekanan tinggi,” jelas Awie. Setelah itu, lanjut Awie, basuh pakai sabun atau shampo pada permukaan yang rata. “Bisa juga dengan sabun deterjen di permukaan  sasis dan ban,” tutupnya

Honda CR-V Model Baru Meluncur November, Kini Jadi 7 Penumpang!

Honda Motor Company

Honda CR-V Model Baru Meluncur November, Kini Jadi 7 Penumpang!


Los Angeles - Pabrikan Jepang, Honda Motor Company akhirnya buka info soal generasi terbaru dari Honda CR-V. SUV andalan Honda ini akan diluncurkan bulan November 2011 ini, bersamaan dengan pameran Los Angeles Auto Show 2011.

Bila melirik pada tampang barunya, memang perbedaan sudah terlihat drastis, sehingga CR-V model baru akan lebih berotot juga bersudut tajam, meski tetap mengusung nuansa futuristik khas Honda.

Dan yang juga cukup mencolok ketika melongok jeroan kabinnya. Kalau generasi sebelumnya hanya mendukung kapasitas penumpang 5 orang, maka CR-V model baru ini bakal semakin di minati keluarga dengan 3 baris kursi berkapasitas 7 orang penumpang.

Sementara mesinnya, sepertinya tidak akan ada perubahan. Teknologi i-Vtec akan tetap mendukung mesin berkapasitas 2.400 cc empat silinder yang bisa menghasilkan tenaga hingga 180 Hp.

"Dibanding generasi sebelumnya, eksterior dan interior mengalami perubahan. Konsumsi BBM, serta fitur-fiturnya pun tetap menjadi fokus pengembangan CR-V model baru ini," tulis pernyataan resmi dari Honda Motor Company.

Perlakuan Ban Musim Hujan, Agar Mobil Tetap Nyaman dan Aman

Tips Mobil
Perlakuan Ban Musim Hujan, Agar Mobil Tetap Nyaman dan Aman

JAKARTA - Ban merupakan komponen vital pada mobil. Sebaiknya, penggunaan ban juga harus diperhatikan agar kenyamanan dan keselamatan berkendara dapat dijaga.

“Sebaiknya tekanan angin dalam ban harus dalam kondisi normal,” jelas Septa Dian Wahyudi, Service Advisor Tunas Daihatsu Mampang. Informasi ini biasanya ditemukan di stiker yang tertempel di dekat jok kemudi.

Jika tekanan angin berlebihan, maka akan menyebabkan efek bantingan yang keras. Ban pun akan berbentuk seperti gelembung. Kondisi ini jika dibiarkan akan berujung pada cepatnya kebotakan yang timbul pada kembangan ban yang terletak di tengah. Kalau sudah botak, maka daya cengkeram ban akan berkurang, apalagi jika melintas di jalan yang licin.

Ban yang kurang angin juga tidak baik. Jika tekanan angin berkurang, maka akan sangat berbahaya karena bisa menyebabkan ban pecah. Hal ini mungkin terjadi karena jika tekanan angin kurang, maka ban akan sobek yang diakibatkan gesekan udara pada kecepatan tinggi.

Arti Warna Bendera dalam Balap Formula 1 dan Moto GP

Dalam balap Formula 1 (F1) atau Moto GP, terdapat bermacam-macam bendera balap yang berfungsi untuk memberi tahu pesan penting kepada para pembalap yang sedang berpacu dalam lintasan lomba.

Bendera ini biasanya dikibarkan oleh para marshal di sekeliling lintasan agar dapat dilihat dengan jelas oleh para pembalap. Penggunaan bendera ini juga berlaku di dunia balap Internasional lainnya dan digunakan hampir di semua balapan dunia otomotif, bukan hanya dalam Formula 1 (F1) atau Moto GP saja.

Namun, khusus dalam balap Formula 1, karena pembalap memacu mobil balapnya dengan kecepatan yang sangat tinggi, maka tentu akan sulit bagi pembalap tersebut untuk melihat bendera yang sedang dikibarkan. Untuk menjawab permasalahan ini, sebuah display khusus dalam setiap kokpit pembalap yaitu GPS Marshalling System dibuat.

Display ini akan menyala sesuai dengan warna bendera balap yang dikibarkan dalam sirkuit. Dengan diciptakannya sistem ini, maka para pembalap pun sangat terbantu untuk mengetahui pesan dari pengawas perlombaan secara efektif. Berikut warna-warna bendera yang digunakan dan makna atau pesan dibalik dikibarkannya bendera tersebut.

Bendera Papan Catur (Chequered Flag)

Bendera ini menyatakan bahwa perlombaan telah usai. Dalam latihan dan sesi kualifikasi, bendera ini dikibarkan jika waktu untuk latihan dan sesi kualifikasi telah habis. Sedangkan ketika lomba, bendera pertama kali dikibarkan kepada pemenang lomba kemudian kepada setiap pembalap yang berada di belakangnya.

Bendera Kuning

Menandakan bahaya, seperti misalnya ada mobil atau motor yang rusak dan berada di tengah lintasan balap. Jika satu bendera kuning dikibarkan, berarti setiap pembalap harus memperlambat lajunya. Sedangkan ketika dua bendera kuning dikibarkan sekaligus berarti para pembalap harus memperlambat lajunya dan bersiap berhenti jika diperlukan. Selain itu, pembalap dilarang menyalip pembalap lain ketika bendera ini dikibarkan, jika melanggar maka akan mendapat ganjaran hukuman.

Bendera Hijau

Bila bendera ini dikibarkan, maka menandakan bahaya telah teratasi. Pembalap telah melewati bahaya dan larangan pada bendera kuning pun dicabut.

Bendera Merah

Jika bendera ini dikibarkan, maka perlombaan akan dihentikan. Bendera ini biasanya dikeluarkan jika terjadi kecelakaan yang fatal atau kondisi lintasan atau cuaca yang buruk. Namun dalam balap Moto GP, sekarang jika hujan turun saat balapan tidak lagi dikibarkan bendera merah, para pembalap langsung menuju pit untuk mengganti ban sesuai kebijakan tim.

Bendera Biru

Bendera ini dikibarkan untuk memberi tahu pembalap bahwa dia akan di over lap. Pembalap yang mendapat petunjuk ini juga harus membiarkan pembalap lain yang akan meng-over lap untuk menyalipnya. Jika pembalap tersebut tidak mengindahkan petunjuk ini sampai maksimal tiga kali, maka pembalap tersebut akan mendapat hukuman. Petunjuk ini juga ditempatkan pada ujung tempat keluar dari pit ketika ada pembalap lain yang berada dalam lintasan mendekat.

Bendera Garis Kuning dan Merah

Bendera ini dikibarkan untuk memberi tahu pembalap bahwa lintasan menjadi licin, biasanya disebabkan oleh oli atau minyak yang tercecer atau ketika hujan turun.

Bendera Hitam dengan Lingkaran Berwarna Jingga di Tengah

Biasanya dikibarkan bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap, bendera ini digunakan untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia mengalami masalah mekanis dan ia harus segera kembali ke dalam pit.

Bendera Hitam Putih

Juga dikibarkan bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap, bendera ini digunakan untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia melakukan tindakan yang kurang sportif atau curang. Jika pembalap tidak memperdulikan peringatan ini maka pembalap tersebut akan menerima bendera hitam.

Bendera Hitam

Dikibarkan juga bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap, berarti bahwa pembalap tersebut harus kembali ke dalam pit. Bendera ini juga sering berarti bahwa pembalap tersebut didiskualifikasi dan dikeluarkan dari lomba.

Bendera Putih

Bendera ini dikibarkan untuk memberi peringatan bahwa safety car berada dalam lintasan. Dalam balap Moto GP, bendera ini jarang sekali dikibarkan, bendera putih dalam Moto GP berarti pembalap harus masuk ke dalam pit untuk mengganti ban karena perubahan kondisi cuaca dan lintasan.

Alfa Romero 1937, Inilah Mobil dengan Gelar Mobil Terindah Sepanjang Masa

http://images.forbes.com/media/2009/03/26/beautiful_car_1937_8c_alfaromeo.jpg

Mobil diciptakan bukan hanya untuk mempertontonkan kehebatan mesin atau kekuatan bodynya, tetapi mobil juga diciptakan sebagai sebuah karya seni yang indah.

Untuk membuat sebuah daftar mobil paling indah di dunia, majalah Forbes meminta satu kelompok ahli untuk menjadi juri dan memberikan nominasinya. Para juri tersebut diminta untuk memberikan daftar dari mobil-mobil di berbagai era dan produsen yang keindahannya tidak terbantahkan.

Dalam daftar mobil paling indah di dunia ini terdapat Alfa Romeo keluaran tahun 1937 hingga mobil Porsche 911, yang sampai saat ini masih diproduksi. Semua mobil ini memiliki penampilan yang akan mampu memukau seluruh generasi.

http://farm4.static.flickr.com/3445/3862790820_349def5589.jpg

Dari hasil penjurian itu, mobil yang dinilai paling indah di dunia dan sepanjang sejarah adalah Alfa Romeo keluaran tahun 1937. Bahkan Rob Myers, pendiri RM Auto, rumah lelang mobil antik ternama di Kanada, menyatakan bahwa Alfa Romeo keluaran tahun 1937 merupakan salah benda terindah di dunia dan sepanjang sejarah.

Kendaraan dari tahun 1937 lain yang masuk dalam daftar mobil-mobil terindah di dunia adalah Delahaye 135MS Figoni et Falascgi dan Mercedes-Benz 540K Special Roadster. Sementara dari keluaran tahun 1938 yang lebih muda setahun adalah Talbot-Lago T- CSS.

Mengapa banyak mobil tahun 1930-an yang masuk ke dalam daftar ini? Produksi kendaraan bermotor ternyata mencapai poin tertingginya dari segi sumber daya dan antusiasme pada periode di antara Perang Dunia (PD) I dan PD II, yang telah membawa mobil-mobil produksi periode tersebut ke dalam tingkatan desain dan artistik yang tinggi.

http://www.ohioconcours.com/1999/99-081.jpg

Setiap model diperbarui setidaknya setiap dua tahun sekali, dan setiap tahun diproduksi dengan model yang berbeda dari tahun sebelumnya. Mobil-mobil yang diproduksi menjadi karya seni serius yang memiliki keunikan tersendiri, tidak seperti saat ini, yang dibuat dari model yang diproduksi oleh perusahaan lain.

Terinspirasi oleh Seni Ian Cameron, pimpinan desainer Rolls-Royce menyatakan bahwa musik merupakan salah satu inspirasi dari penciptaan sebuah mobil. Bagi desainer utama Rolls-Royce 200EX terbaru ini, menciptakan sebuah mobil dapat diumpamakan dengan bermain dalam band. "Kau memulainya dengan sesi jam, dan pada suatu titik tertentu akan berubah menjadi melodi," ungkapnya.

Desain memainkan peranan penting dalam masuknya mobil Porsche 911 pada daftar mobil terindah dunia kali ini. Meskipun model ini tidak semenarik model-model lain dalam daftar, tetapi fakta bahwa model ini dapat bertahan selama lima puluh tahun terakhir tanpa adanya perubahan, berarti merupakan indikator dari kejeniusan penciptanya di awal tahun 1960 lalu.

Hal ini akan sangat sulit diharapkan dari mobil-mobil modern. Menurut para ahli, para produsen mobil saat ini tidak mau bersusah payah untuk menciptakan desain yang dapat memiliki nilai mendalam dan tinggi bagi para kolektor. Minimnya keindahan artistik dari model modern merupakan salah satu akibat dari kesulitan keuangan yang dialami oleh produsen manufaktur dunia. Menurut para ahli, mobil-mobil yang diproduksi saat ini tidak lebih dari sekadar popok sekali pakai yang dapat dibuang. Menyedihkan bukan?

Inilah Mobil Tercepat di Dunia yang Melaju di Lapisan Es


Produsen mobil Bentley menari di atas es. Pabrikan mobil ini baru saja merayakan keberhasilan mereka memecahkan rekor mobil tercepat yang berlari di atas es dengan catatan waktu 330,7 km per jam.

Rekor yang dibukukan Bentley ini dicetak dengan menggunakan mobil Continental SuperSports Convertible yang dikemudikan juara dunia reli empat kali Juha Kankkunen di perairan beku Laut Baltik. (Bentley)


Mobil ini mencatatkan waktu 330,7 km per jam. (Bentley)


Bentley Continental SuperSports Convertible yang mencetak rekor kecepatan di es ini sendiri dibekali berbagai piranti pendukung mulai dari spoiler yang memberi kestabilan dan aerodinamika ekstra, ban khusus musim dingin dari Pirelli berukuran 20 inchi hingga parasut yang berguna untuk menghentikan laju kendaraan. (Bentley)


Mobil yang meminum bahan bakar bioetanol E85 ini mencatatkan prestasi pada trek sepanjang 16,5 km yang memiliki lapisan es setebal 70 cm di lepas pantai Finlandia. (Bentley)


Mobil ini akan memulai debutnya di Geneva Motor Show bulan Maret nanti dengan nama Continental SuperSports Plus. (Bentley)

Inilah Lamborghini Aventador yang Dibanderol Rp3,2 Miliar, Ada yang Meu Beli?


Lamborghini SpA siap meluncurkan Aventador di Geneva Motor Show, Maret 2011. Produk terbaru ini tak lain adalah tipe teratas dari model penerus Murcielago yang tutup usia akhir 2010 dan kabarnya  dibandrol 370.000-an dollar AS atau Rp3,2 miliar per unit.

Kemunculan Avantador pernah dibahas Kompas.com, Januari 2011 lalu dan dibekali mesin V12 dan bertenaga 55kw (700 PS). Lambo mengklaim, mobil ini akan menjadi supersport tercepat. Kecepatan 0-100 km per jam bisa dicapai hanya dalam 2,9 detik. Kelebihan lainnya, mobil menggunakan konsep suspensi mencontek dari mobil Formula-1 dan disetel agar nyaman ketika dikebut di jalanan umum.


Menurut seorang sumber, seperti dilansir bloomberg (15/2), perusahaan sudah mulai menerima pesanan Avantador meski belum secara terang-terangan. Lambo berencana meMproduksi 100 Avantador pertama sampai Maret dan mulai masuk showroom kuartal kedua 2011.

Terkait masalah ini, Christoph Stuermer, analis IHS Automotive di Frankfurt, Jerman mengatakan, perusahaan berupaya kembali mendongkrak penjualan mobil supersport  berharga di atas 200.000 dollar AS setelah sempat menurun karena krisis global. Amerika Serikat, jelasnya, sampai ini masih menjadi pasar terbesar mobil supersport.

Modifikator Indonesia Bikin Motor Bermesin Porsche



Pernah membaca berita mengenai keberadaan sepeda motor bermesin mobil? Ya, beberapa builder Eropa maupun Amerika Serikat (AS) memang telah menerapkan modifikasi model seperti itu.

Namun kini kabar baik datang dari dalam negeri. Modifikator lokal ada yang berusaha menerapkan konsep rombakan sepeda motor meniru beberapa modifikator luar negeri tersebut.

Adalah Lulut Puspo Wibowo modifikator asal Yogyakarta yang berusaha mencangkokkan mesin mobil dalam sebuah rangka sepeda motor.

"Saya bersama tim kini sedang mencoba menerapkan mesin Porsche di motor," ujar pentolan bengkel modifikasi Retro Classic Cycle tersebut ketika ditemui di Jakarta, Selasa (23/11/2010).

Walau masih malu-malu menyebut seperti apa garapan modifikasi terbarunya, Lulut sedikit membocorkan motor bertema sport klasik yang sedang ia bangun itu akan menggunakan mesin Porsche dengan kapasitas silinder paling kecil.

"Kita coba pakai mesin dengan HP paling kecil, tapi bentuknya seperti apa dan konsepnya bagaimana, tunggu saja nanti," kekeh dia.

Meski demikian pria berkacamata itu mengaku kali ini tim dari bengkelnya akan berusaha mendobrak pakem modifikasi di Tanah Air.

"Kita ingin tunjukkan teknologinya. Jadi kita bikin motor yang kalau orang lain lihat pasti heran ini moto apa," jelas Lulut.

Nantinya sambung dia, motor tersebut akan diterbangkan ke kontes modifikasi Mooneyes Hotroad 2011 di Yokohama, Jepang.

Inilah Tampilan Honda NSX yang Telah Bangkit dari "Kubur"



Setelah menghentikan produksi 2009 lalu, sepertinya Honda Motor Company (HMC) berupaya membangkitkan kembali NSX ke pasar. Ikhwal ini terlihat dari kemunculan HSV-010 GT yang digunakan sebagai pengganti NSX di ajang balap mobil GT 500 Race Series.

Sebenarnya, sosok HSV-010 GT sudah muncul sejak akhir 2009 namun tak ada kelanjutan beritanya. Nah, kehadiran di trek balap mencuatkan kembali isyu produksi massal NSX. Menurut Japenese Nostalgic Car, seperti dilansir autoevolution (5/2), Presiden Honda Takashi Ito mengatakan perusahaan mempersiapkan proyek supercar baru.


Memang belum ada konfirmasi resmi dari HMC, tapi soal mesin calon pengganti NSX kelak, yakni 3,4L V8 sudah diperlihatkan pada HSV-010 GT. Jantung pacu ini disebut-sebut sebagai pembunuh Nissan GT-R dan Lexus LFA (andalan Grup Toyota).

Kalau proyek ini benar-benar berjalan, Honda berupaya menunjukkan upayanya kembali ke segmen supercar. Hal ini penting dilakukan perusahaan guna mengembalikan citra sport setelah mundur dari ajang F1, akhir Desember 2008.

Melihat Bagaimana Menyulap Daihatsu Ceria Usang Menjadi Sebuah "Super Car"


Meskipun di Bekasi tidak terlalu banyak bengkel Modifikasi, bukan berarti Bekasi tidak bisa mendapatkan sorotan Indonesia. Autoart telah membuktikannya melalui kreativitas dan kepiawaian Siswo, selaku owner da komandan Autoart, Bekasi.
AutoArt berhasil menyulap sebuah mobil Daihatsu Ceria menjadi sportscar yang spektakuler. Bagaikan sihir, tidak ada lagi bekas-bekas kesederhanaan Ceria pada hasil akhirnya. Daihatsu Ceria ini berhasil membawa pulang piagam penghargaan Majalah MOTOR dengan gelar "The Best City Car Extreme Style" pada tahun 2006.

Berikut ini adalah koleksi foto-foto dan proses pengerjaannya.





Hasil Jadi.



Tata Nano, Mobil Diesel Termurah Dunia

New Delhi - Kabar yang menyebutkan produsen mobil India Tata Motors bakal merilis Tata Nano diesel lambat laun terbukti. Tepatnya pada September atau Agustus tahun ini, Tata Nano diesel bakal dirilis. Wah sepertinya Tata Nano bakal menjadi mobil diesel termurah sedunia.

Salah satu vendor Tata Nano diesel menyebutkan Tata Nano diesel mengusung kapasitas mesin antara 600 cc atau 700 cc. Untuk urusan harga, ia menyebutkan harga Tata Nano diesel di atas Tata Nano bensin yang kini sedang dipasarkan di negeri Bollywood itu.

"Mesin diesel akan berada antara 600 cc atau 700 cc. Harganya lebih tinggi sedikit di atas Tata Nano bensin saat ini," kata sumber vendor seperti dikutip detikOto dari Indiatimes, Jumat (14/1/2011). Dikabarkan, Tata Nano diesel berada antara Rp 36-Rp 44 juta, lebih mahal dari versi bensinnya yang dijual paling mahal Rp 25 jutaan.
Salah satunya pengembang mesin turbo untuk Tata Nano, Honeywell mengatakan telah bekerjasama dengan perusahaan teknik Jerman FEV untuk mesin CRDI turbocharged 800 cc pada Tata Nano diesel. Mereka juga bekerjasama dengan Bosch untuk urusan elektronik Tata Nano.

Jika itu benar terjadi, Tata Nano diesel akan menjadi mobil diesel terkecil dan termurah  di bawah mesin kapasitas 1.000 cc. Sumber lainnya menyebutkan dari segi tenaga mesin diesel itu lebih baik 20-30 persen dibandingkan mesin bensin Tata Nano.

Sayang hingga saat ini tidak ada pernyataan resmi dari pihak Tata Motors. Bahkan juru bicara Tata Motors menolak berkomentar ketika ditanyai.

Namun jika melihat pasar India yang semakin menggeliat dengan mobil kecil
bermesin diesel bukan tidak mungkin Tata Motors menghadirkan Tata Nano diesel.

Terlebih permintaan mobil diesel di India kini sedang besar. Bahkan hampir
seluruh pabrikan mobil yang bermain di India menghadirkan mobil kecil diesel. Diantaranya Suzuki, Ford bahkan Honda

Tak Lama Lagi, VW Resmi Milik Porsche


Doha – Niat Porsche untuk menggandeng Volkswagen (VW) yang direncanakan sejak 2009, dikabarkan berjalan mulus dan segera terwujud.


Hal ini disampaikan oleh seorang anggota keluarga senior pabrikan otomotif asal Jerman itu, Wolfgang Porsche. “Kami sedang melakukan persiapan. Semua on the right track,” ujarnya di sela sebuah event di Doha, Qatar.

Awal bulan ini, hakim di Amerika Serikat (AS) tak mengabulkan permintaan sebuah lembaga hedge fund yang menuntut kompensasi kerusakan senilai US$2 miliar. Hal ini merupakan salah satu penghalang merger Porsche-VW.

Porsche juga menyatakan akan terus mengabari keputusan peradilan di AS tersebut, sebagaimana dilansir Straits Times, yang diperkirakan akan jelas pada akhir bulan ini.

Biaya Perawatan Bugatti Veyron Setara Harga Mobil Baru di Indonesia


Bagi yang ingin memiliki mobil semahal Bugatti Veyron Super Sport harus harus siap dengan biaya perawatannya yang juga supermahal.

Saking mahalnya, situs Autoblog bahkan melansir kalau merawat satu mobil Bugatti Veyron lebih mahal ketimbang menyewa pesawat jet pribadi!

Contoh saja biaya perawatan untuk Bugatti Veyron 1.6 Grand Sport. Biaya servis rutin mobil ini menghabiskan dana 12.866 pound atau sekira Rp165 juta. Dengan uang sebesar kalau di Indonesia bisa membeli Daihatsu Xenia.


Biaya itu belum termasuk biaya penggantian sparepart tertentu. Ambil contoh untuk perawatan ban. Untuk membeli satu set ban mobil tersebut harus dikeluarkan uang sebesar 23.500 pound (Rp305,5 juta).Yang bikin stres saat pemasangan ban. Untuk mendapatkan sudut yang tepat sesuai ketentuan, diperlukan biaya 7.050 pound (Rp91,7 juta) setiap sudut.

Saking peliknya perawatan ban, banyak pemilik Bugatti Veyron berhati-hati dalam merawat mobil mereka. Bahkan kebanyakan dari mereka kerap membawa mobil tersebut dengan mobil gendong jika ingin membawa mobil tersebut ngebut di tempat-tempat tertentu.

Nah, masih berpikir untuk memiliki Bugatti Veyron. Mungkin lebih baik bermimpi saja karena mimpi itu gratis!

Rabu, 26 Oktober 2011